Pertama Kali Naik Gunung

May 31, 2017

setiap orang memiliki berbagai macam cara untuk menghabiskan waktu liburannya, entah itu piknik bersama keluarga ataupun mengunjungi kampung halaman bagi yang merantau. tapi menurutku liburan seperti itu sudah bisa. aku punya cara lain untuk mengisi waktu liburanku yang tidak biasa ini. mungkin bagi setiap orang liburanku ini masih terbilang biasa-biasa saja tapi menurutku liburanku kali ini satu tingkat di atas biasa-biasa saja.

ok, gak usah banyak cakap, langsung to the point aja!

kenapa tadi aku bilang liburanku satu tingkat di atas biasa-biasa saja, itu semua karena liburanku kali ini adalah mendaki gunung. ini pertama kalinya aku mendaki gunung dan gunung yang aku daki juga bukan sembarang gunug. karena dari informasi yang ku dapat gunung ini cukup sulit untuk di daki apa lagi untuk para pemula seperti ku mungkin dua atau tiga kali lebih sulit.

nama gunung ini cukup populer apa lagi untuk orang jawa. yap, gunung ini adalah gunung slamet kalian mungkin sering dengar namanya tapi belum pernah melihat langsung wujudnya. gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi di indonesia dan tertinggi kedua di pulau jawa setelah gunung semeru ketinggiannya adalah 3.428 mdpl dan gunung ini termasuk ke dalam gunung berapi aktif.

aku mendaki tidak sendirian itu sangat gila jika dilakan, karena untuk pemula sepertiku perlu di dampingi oleh ahlinya atau orang yang sudah berpengalaman. kebetulan teman-teman ku komunitas pecinta alam mereka sudah sering mendaki gunung.

kami berangkat malam hari dari jakarta menaiki kereta api dan turun di setasiun tegal dari setasiun tegal kami langsung melanjutkan perjalanan menuju basecamp yang berada di dekat tempat wisata pemandian air panas guci. rencananya kami akan naik dari basecamp ini. menurut temanku jalur ini yang paling mudah. sebelum kami mendaki kami akan meninggalkan barang yang tidak terlalu penting di basecamp karena akan sangat merepotkan jika mendaki membawa barang yang berlebih.

menurut perkiraan kami akan tiba di puncak dalam waktu 8 jam itupun jika cuacanya cerah. kami berangkat pukul 00:09 pagi jika sesuai perkiraan kami akan tiba di puncak pukul 00:05 sore.

setelah berjalan selama satu setengah jam akhirnya kami tiba di pos 1, dari 5 pos yang ada. tapi satu pos ke pos yang lain jaraknya berbeda beda. pos di sini bukan seperti pos yang ada di kompleks perumahan yang di jaga oleh sequrity. pos yang terdapat di sini hanya gubuk untuk tempat beristirahat sementara dan di setiap posnya memiliki tempat yang landay dan cukup luas untuk membuka tenda.

setelah beberapa menit beristirahat kami melanjutkan perjalanan ke pos 2 karena jarak dari pos 1 ke pos 2 tidak terlalu jauh kami putuskan untuk tidak beristirahat di pos 2 dan melanjutkan perjalanan ke pos 3 setelah beberapa jam perjalanan akhirnya kami tiba di pos 3.

dari pos 3 kami melanjutkan perjalan ke pos 4 dan terakhir di pos 5 atau pos terakhir. kami memutuskan untukberkemah di pos 5 karena hujan deras dan sudah terlalu malam untuk melanjutkan perjalanan ke puncak. yang menurut perkiraan kami tiba di puncak pukul 00:05 tapi semua itu hanyalah perkiraan karena cuacalah yang menentukan.

setelah istirahat semalaman pagi harinya aku merasa sedi di seluruh badan ini banyak yang bergeser itu karena perjalanan kemarin. tapi temanku bilang perjalanan sesungguhnya baru di mulai.

karena trek yang tadinya tanah berganti menjadi pasir dan batu-batuan, bagi kalian yang pernah melihat film 5cm ya, seperti itulah treknya. perjalannya tinggal 500 meter lagi tapi kami harus berjalan sambil merangkak sampai ke puncak.

setelah perjalanan yang sangat berbahaya dan melelahkan akhirnya kami tiba di puncak, rasa lelah dan ketakutan ku hilang seketika berganti dengan perasaan bahagia dan haru karena untuk pertama kalinya aku berada ribuan meter di atas permukaan laut di tambah lagi dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

mungkin ini adalah liburan ku yang paling berkesan karena mendaki gunung telah mengajarkan ku sesuatu yang indah itu sulit untuk di dapat dan jika kita sudah mendapatkan keindahannya kita akan sulit untuk melupakannya.