Car Free Day Di Jakarta

June 15, 2017


ini hari minggu hari yang selalu di nanti bagi para karyawan dan juga pelajar karna cuma di hari ini mereka bisa santai-santai seharian melupakan kepenatan di kantor dan juga tugas-tugas yang banyak di sekolah.

tapi minggu ini tidak akan aku habiskan cuma bersantai saja di rumah, karena kemarin pada hari sabtu temanku mengajakku berwisata ke pusat kota jakarta.

ke pusat kota jakarta?

iyah, ke pusat kota jakarta...

bukanya jakarta identik dengan kemacetan, apalagi pusat kotanya!

itu memang benar, jakarta memang identik dengan kemacetan apalagi di pusat kotanya tapi tidak di hari minggu, seperti yang sudah saya bilang di kalimat awal tadi hari minggu adalah hari santai atau hari libur bagi para karyawan dan juga anak sekolah.


memang tidak semua karyawan libur di hari minggu tetapi itu juga sudah cukup untuk mengurangi kemacetan di jakarta.

di hari minggu kota ini juga memiliki peraturan khusus untuk mengurangi lebih banyak lagi kemacetan yaitu dengan cara melarang kendaraan bermotor melewati pusat kotanya kecuali bus trans jakarta peraturan ini biasa di sebut car free day.

peraturan ini hanya di terapkan di pusat kotanya saja yaitu dari Jl. jendral sudirman sampai dengan Jl. M.H. thamrin jalan-jalan tersebut akan di tutup dari pukul 06.00 sampai dengan 11.00 pagi.

car free day juga di manfaatkan bagi warga jakarta untuk berolahraga seperti lari dan juga bersepeda selain untuk berolahraga car free day juga di manfaatkan warga jakarta untuk berekreasi gratisan.

walaupun jarak rumahku lumayan jauh dengan lokasi dimana car free day itu berada tapi aku sangan antusias itu karena ini adalah pertamakalinya aku ke sana perjalanan kesana membutuhkan waktu satu jam.

pagi itu aku dijemput oleh temanku, namanya ahmad aku biasa memanggilnya lengkoy dia menjemputku dengan motor matic kesayangannya yang jarang di cuci, itu terlihat dari banyaknya tanah merah yang terdapat di ban motornya dan dia juga tak lupa membawa skate board kesayangannya.

berbeda denganku temanku ini sudah beberapa kali mengikuti car free day.

kalau tidak salah kami berdua berangkat pukul 05.00 pagi dan perkiraan sampai di sana pukul 06.00 jika tidak ada halangan kami akan tiba tepat waktu.

seperti biasanya temanku ini tidak membiarkanku duduk di boncenagnnya dengan gratis sepertinya dia sengaja membiarkan tangki bensinya kosong supaya nanti aku yang belikan bensinya. apa boleh buat akhirnya kami mampir terlebih dahulu di pom bensin terdekat.

setelah mengisi bahan bakar kamipun melanjutkan perjalanan lagi dan akhirnya kami tiba di lokasi pada pukul 06.30.

perkiraannya meleset setengah jam...

sebelum menuju ke lokasi, kami harus memarkirkan motor matic temanku terlebih dahulu ada banyak tempat parkir di sini tapi kami memilih monas karena letaknya lebih strategis dan juga mudah di akses.

aku pikir hanya ada orang yang berolahraga dan berwisata saja tapi di sisni juga terdapat banyak orang yang berjualan di pinggir jalan mulai dari pakaiaan hingga makannan dan minuman bahkan ada juga pengamen dan pengemis.

ini bukan waktunya untuk heran tujuan kami kesini hanya ingin berolahraga!

akhirnya kamipun memutuskan untuk mengelilingi jalan-jalan di sekitar menggunakan skateboard. setelah beberapa menit berkeliling kami juga bertemu banyak komunitas skateboard asal jakarta ada juga yang dari luar jakarta.


tujuan mereka semua sama dengan kami berdua mereka ingin menikmati hari bebas kendaraan ini dengan cara berseluncur di atas papan beroda milik mereka masing-masing.

sebenarnya kami ingi berseluncur dengan skateboard sampai ke bundaran HI tapi sepertinya kami harus mengurungkan niat itu karena semakin kami mendekati bundaran HI maka semakin padat juga jalannya karena banyak orang yang ingin menuju ke arah sana juga di tambah lagi adanya penyempitan jalan imbas dari proyek MRT.


sebelum kami semakin jauh terjebak dengan keramaian ini, akhirnya kami putuskan untuk balik arah dan hanya berkeliling di sekitaran monas saja memang semua diluar rencana kami karena sejak awal kami ingin berseluncur sampai ke bundaran HI tapi apa boleh buat karena manusia hanya bisa berencana tapi tuhanlah yang menentukan semuanya.

You Might Also Like

0 comments