Mudik Nyaman Tanpa Macet

June 23, 2017


Mendengar kata mudik yang terlintas dalam benak semua orang  adalah macet!  karena di saat itu banyak perantau yang  pulang ke daerahnya masing-masing, mudik identik juga dengan lebaran  atau hari raya idulfitri sebenarnya tidak hanya hari raya idulfitri saja para perantau bisa pulang ke daerahnya masing-masing  hari libur lainpun bisa  kalau mereka mau.

tapi kembali ke beberapa baris kalimat di atas tadi MUDIK IDENTIK DENGAN LEBARAN jadi jika para perantau  pulang  ke daerahnya masing-masing bukan di saat  hari raya idulfitri itu kurang tepat di sebut mudik.

MACET!  itulah momok yang menakutkan utuk para pemudik…


Karena macet tidak hanya membuang –buang waktu saja  tapi  juga tenaga dan uang pastinya  karena kita harus menempuh perjalanan yang melebihi batas normal.

Seberapa mengerikannya sih macet saat mudik?

Itulah pertantanyaan yang pernah di tanyakan oleh teman saya kepada saya, karena kebetulan dia adalah orang Jakarta asli atau suku betawi  jadi wajar saja jika dia menanyakan hal itu kepada saya.
kemacetan saat mudik berbeda dengan kemacetan  yang terdapat di Jakarta cotohnya saja tahun 2016 kemarin.

Menurut data yang saya baca dari beberapa sumber tahun 2016 adalah tahun kemacetan terparah saat mudik bahkan sampai menimbukan korban jiwa dan ironisnya kejadian itersebut terjadi di jalan tol yang seharusnya bebas hambatan bahkan lebih ironisnya lagi jalan tersebut adalah jalan tol baru yang sebenarnya sengaja di persiapkan untuk musim mudik tahun 2016.



Kemacetan seperti  itu hanya akan anda rasakan jika anda mudik menggunakan moda transportasi darat yang menggunakan jalan raya sebagai jalurnya contohnya seperti angkutan umum (bus) atau kendaraan pribadi (motor /mobil).

terdapat pilihan angkutan lain yang terbebes dari kemacetan seperti pesawat terbang , kereta api dan juga kapal laut Ketiga angkutan ini benar-benar terbebas dari kemacetan.

Dari ketiga angkutan masal itu yang termasuk dalam daftar angkutan faforit saya dan keluarga saya adalah kereta api.


dari saya kecil samapai bisa menulis blog seperti  ini saya sudah menggunakan mode transportasi yang menggunakan rel sebagai lintasannya ini. Bahkan saya sampai pernah punya cita-cita ingin menjadi seorang masinis…

Enggak-enggak, saya ga akan bahas tentang cita-cita masa kecil saya karena saya sudah melupakan cita-cita itu dan cita-cita saya sekarang adalah menjadi bloger yang suksess. Hahaha Curhat…

Ok, Balik lagi ke kereta api…

Mungkin kereta api bukan hanya mode transportasi faforit bagi saya dan keluarga saya saja tapi juga bagi semua orang yang mudiknya ingin terbebas dari kemacetan tidak hanya terbebas dari kemacetan saja kereta api juga menawarkan rasa aman dan nyaman bagi para penumpangnya. Selain itu kereta api juga memberikan kemudahan bagi orang yang ingin menggunakan jasanya contohnya seperti pemesanan tiketnya yang bisa di lakukan secara online dan bisa di pesan kapan dan dimana saja.



Terdapat banyak sekali (PERBEDAAN KERETA API DULU DAN SEKARANG) dari segi pengelolaanya dan juga kebersihan stasiun maupun keretanya.

Ada pepatah mengatakan berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Pepatah itu sagat cocok di sematkan untuk proses pemesanan tiketnya walaupun kita hanya perlu online untuk proses pemesanannya. Tapi tidak semudah kelihatannya apalagi di musim mudik seperti ini kita akan sangat sulit sekali untuk mendapatka tiketnya karena harus bersaing dengan para pemudik lainnya.

Pemesanan tiket bisa di lakukan 90 hari sebelum keberangkatan tapi baru beberapa jam PT KAI (badan yang mengelola perkeretaapian di Indonesia) membuka pemesanan tiket, tiketpun langsung ludes terjual. Biasanya tiket yang cepat terjual habis adalah kereta tujuan menengah dan jarak jauh saja.



kesulitan dalam pemesanan tiket kereta api hanya akan dirasakan pada saat hari libur lebaran dan libur panjang saja. Kesulitan semacam itu tidak akan anda dapat jika anda memesan tiket bukan di hari-hari libur panjang.


Itulah pengalaman saya mudik tanpa kemacetan menggunakan kereta api mudah-mudahan tulisan saya kali ini sedikit membantu anda yang ingin mudik menggunakan mode transportasi ini.

You Might Also Like

1 comments